Menurut UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi bertujuan untuk 1) mengembangkan potensi mahasiswa yang beriman dan bertaqwa, berakhal mulia, sehat, cakap, memiliki ilmu pengetahuan yang memadai, mampu bertindak dan berpikir kreatif, mandiri (berkepribadian), terampil, kompeten dan berbudaya; 2) perguruan tinggi mampu menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, membangun kepentingan nasional dan memiliki daya saing kebangsaan; 3) mampu menghasilkan ilmu pengetahuan demi kemajuan peradaban dan kesejahteraan bangsa, 4) terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian, kesejahteraan umum dan juga demi tercapainya pencerdasan bangsa.
Sehubungan dengan hal tersebut untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan atas setiap unit kerja yang ada di STIKes Bakti Utama Pati, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap semua unit. Pada pelaksanaan layanan unit-unit kerja, mahasiswa, dosen maupun pegawai tidak berhubungan langsung dengan semua unit yang ada sehingga layanan yang diberikan kepada mahasiswa.
Sebagaimana tujuan dari kegiatan survei yaitu mengetahui indeks kepuasan civitas akademika terhadap unit-unit layanan di STIKes Bakti Utama Pati, maka kegiatan survei ini dilaksanakan di STIKes Bakti Utama Pati yang beralamat di Jl. Ki Ageng Selo No.15 Pati.
Pelaksanaan survei dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Kegiatan survei kepuasan dilakukan oleh mahasiswa Prodi Diploma Tiga Kebidanan, Prodi Sarjana Kebidanan (Reguler dan Alih Jenjang), dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan dengan mengisi kuesioner sesuai dengan unit layanan yang dilakukan survei. Jenis survei yang digunakan adalah deskriptif analisis pendekatan waktu yang digunakan adalah cross sectional artinya tiap subyek survei hanya diobservasi sekali saja dalam satu waktu. Pengukuran dilakukan terhadap variabel kepuasan mahasiswa yang dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan dengan variabel proses pendidikan, layanan kemahasiswaan, pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana, agar diperoleh data yang lengkap dalam waktu yang relatif cepat. Populasi dalam kegiatan survei ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Diploma Tiga Kebidanan, Prodi Sarjana Kebidanan (Reguler dan Alih Jenjang), dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan. Jumlah total mahasiswa aktif yang tercatat pada semester Genap tahun akademik 2023/2024 sesuai PPDIKTI adalah sebanyak 872 mahasiswa.
- Pada aspek layanan proses pendidikan teori dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa menyatakan sangat puas (42.4%) dan puas (41.7%) terhadap proses akademik yang meliputi sarana prasarana, kehandalan dosen, dan tenaga kependidikan, sikap tanggap, perlakuan terhadap mahasiswa, pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa. Pada layanan proses pendidikan laboratorium dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa pada kategori sangat puas (38.0%) dan puas (54.7%). Sedangkan pada layanan proses pendidikan praktik klinik pada kategori sangat puas (44.7%) dan puas (42.8%) dan layanan perpustakaan pada kategori sangat puas (23.9%) dan puas (62.9%).
- Pada aspek bidang kemahasiswaan, mahasiswa menyatakan sangat puas sebesar (93%) dan puas yakni sebesar (7%) terhadap layanan kemahasiswaan.
- Pada aspek layanan sarana, prasarana dan keuangan dapat disimpulkan bahwa pada layanan sarana dan prasarana sebagian besar mahasiswa menyatakan sangat puas (28.8%) dan puas (56.0%). Sedangkan terhadap layanan pengelolaan keuangan kepuasan mahasiswa pada kategori sangat puas (26.6%) dan puas (65.5%).

Berdasarkan dari hasil pengolahan kuesioner yang telah dilakukan terkait dengan kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses pendidikan, layanan kemahasiswaan, dan layanan penglolaan sarana, prasarana dan keuangan, maka dilakukan perbaikan sesuai dengan usulan.