Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati Tahun Akademik 2021/2022 Ganjil
Kepuasan diartikan sebagai suatu kondisi dimana keinginan dan harapan dapat terpenuhi. Kepuasan layanan yang diperoleh civitas akademika adalah kenyamanan yang diperoleh oleh civitas akademika di kampus STIKes Bakti Utama Pati atas pelayanan yang diberikan. Kenyamanan mahasiswa memiliki peran yang tidak terlepas dari layanan yang disediakan pihak kampus. Setiap layanan yang ada seharusnya dilakukan evaluasi berkesinambungan untuk mengetahui apakah layanan yang diberikan sudah cukup baik atau tidak dan juga bisa diketahui layanan di bagian mana yang sudah memadai atau yang masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan.
Untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang disediakan oleh STIKes Bakti Utama pati, maka dilakukan kegiatan survei kepuasan mahasiswa. Survei tersebut akan menghasilkan indeks kepuasan mahasiswa yang pada esensinya menunjukkan bagaimana kepuasan pengguna layanan terhadap pelayanan setiap unit-unit kerja yang ada di STIKes Bakti Utama Pati sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas.
Kegiatan survei kepuasan mahasiswa dilakukan secara berkala setiap semester. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses pendidikan (pembelajaran teori, pembelajaran laboratorium, praktik klinik, dan layanan perpustakaan), bidang kemahasiswaan, layanan sarana prasarana dan keuangan. Survei kepuasan dilaksanakan pada bulan Februari 2022 pada tahun akademik 2021/2022 semester ganjil. Survei dilakukan kepada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan, Sarjana Kebidanan, dan Profesi Bidan sebanyak 304 mahasiswa.
Teknik pengumpulan data pada survei kepuasan ini dilakukan menggunakan instrumen daftar pertanyaan (kuesioner) dengan model pertanyaan tertutup yang diberikan ke responden melalui google form. Data survei yang telah terkumpul selanjutnya ditindaklanjuti dengan pengolahan data agar dapat memberikan gambaran tingkat kepuasan mahasiswa.
Hasil survei tentang kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses pendidikan dibagi menjadi tiga yaitu proses pendidikan teori, pendidikan laboratorium, praktik klinik, dan layanan perpustakaan. Berikut ini ialah diagram kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan teori.

Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan teori menunjukkan hasil penilaian dalam kategori sangat puas 28%, kategori puas dinyatakan 72%, kategori tidak puas dan sangat tidak puas sebesar 0%. Mahasiswa mengatakan sudah merasa sangat puas dengan kondisi ruang kuliah yang rapi, nyaman dan sejuk dan didukung dengan sarana pembelajaran yang tersedia di ruang kuliah (laptop, LCD dan wifi yang mudah diakses). Selain itu, materi yang disampaikan dosen sangat lengkap dan tenaga administrasi memberikan pelayanan yang baik sesuai kebutuhan mahasiswa. Diagram selanjutnya ialah diagram kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan laboratorium.

Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap mutu layanan laboratorium pada kategori sangat puas yaitu sebesar 78%, kategori puas yaitu sebesar 21%, kategori tidak puas sebesar 1%, dan kategori tidak puas sebesar 0%. Mahasiswa mengatakan sangat puas dan puas karena alat-alat penunjang pembelajaran laboratorium cukup lengkap, staf laboran memberikan pelayanan dengan baik, dan dosen memberikan demonstrasi praktikum dengan benar sehingga dapat memahami praktikum dengan baik. Diagram kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan praktik klinik dapat dilihat pada diagram di bawah ini.

Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap mutu layanan bimbingan praktik klinik meliputi orientasi rumah sakit dan ruangan, bimbingan CI dan pembimbing akademik, penugasan, dan sarana prasarana pendukung pecapaian kompetensi pada katergori sangat puas yaitu sebesar 86%, kategori puas yaitu sebesar 14%, kategori tidak puas dan sangat tidak puas sebesar 0%. Mahasiswa mengatakan sangat puas dan puas karena CI mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam pencapaian target kompetensi dengan baik. Mahasiswa diikutkan dalam proses pemberian asuhan kebidanan pasien. Pembimbing akademik memfasilitasi konsultasi dengan baik terkait target kompetensi mahasiswa. Selanjutnya diagram kepuasan mahasiswa terhadap layanan perpustakaan dapat dilihat pada diagram di bawah ini.

Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap mutu layanan perpustakaan meliputi sarana prasarana, koleksi, sirkulasi dan referensi pada katergori sangat puas yaitu sebesar 81,8%, kategori puas yaitu sebesar 12,2%, kategori tidak puas dan sangat tidak puas sebesar 0%.
Kepuasan mahasiswa terhadap bidang kemahasiswaan diukur dari beberapa aspek seperti dosen, tenaga kependidikan, pengelola, dan sarana prasarana. Berikut ini merupakan diagram kepuasan mahasiswa terhadap bidang kemahasiswaan.

Sebagian besar kepuasan mahasiswa dalam kategori sangat puas terhadap pelayanan dosen, tenaga kependidikan, pengelola maupun sarana dan prasarana yaitu sebesar 15%, kemudian kategori puas sebesar 83%, kategori tidak puas sebesar 2% dan kategori sangat tidak puas sebesar 0%. Mahasiswa mengatakan tidak puas karena masih ada tenaga kependidikan dan pengelola akademik yang kurang tanggap dan cepat dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa.
Survey kepuasan mahasiswa berikutnya ialah layanan pengelolaan sarana dan prasarana. Berikut ini diagram kepuasan mahasiswa terhadap layanan pengelolaan sarana dan prasarana.

Berdasarkan diagram diatas dari 304 responden mahasiswa sebanyak 54 mahasiswa (18%) menyatakan sangat puas, sebanyak 250 mahasiswa (82%) puas, tidak ada mahasiswa menyatakan tidak puas sangat tidak puas dengan pengelolaan sarana dan prasarana pada semester ganjil TA 2021/2022. Mahasiswa mengatakan sangat puas dan puas karena proses pelayanan di bagian peminjaman dan pengembalian sarana pembelajaran cepat dan tepat. Selain itu, petugas memiliki ketelitian dalam mengecek sarpras yang dipinjam dan yang telah dikembalikan.
Survey kepuasan mahasiswa berikutnya ialah layanan keuangan. Berikut ini diagram kepuasan mahasiswa terhadap layanan keuangan.

Berdasarkan diagram diatas dari 304 responden mahasiswa sebanyak 49 mahasiswa (16%) menyatakan sangat puas dengan pengelolaan keuangan pada semester ganjil TA 2021/2022 dan kategori puas sebanyak 253 mahasiswa (83%) sedangkan kategori tidak puas sebanyak 2 mahasiswa (1%) dan tidak ada mahasiswa menyatakan sangat tidak puas. Melihat hasil kepuasan mahasiswa maka pengelolaan keuangan tetap harus dipertahankan dan ditingkatkan.
Tindak lanjut STIKes Bakti Utama Pati atas hasil survei kepuasan mahasiswa ialah meningkatkan kualitas pelayanan baik dalam pembelajaran teori, laboratorium, dan praktik klinik, layanan perpustakaan, layanan bidang kemahasiswaan, keuangan dan sarana prasarana; meningkatkan motivasi kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk dapat memberikan layanan dengan cepat, tanggap dan penuh perhatian; serta memonitoring dan mengevaluasi pelayanan setiap unit-unit kerja yang ada di STIKes Bakti Utama Pati. Dengan dilakukannya survei kepuasan mahasiswa ini diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan institusi dan menjaga kepercayaan masyarakat kepada STIKes Bakti Utama Pati.